Tuesday 10 October 2023

Tak Cuma Fun, Ini Manfaat Bermain Game Online

jengagameslengkap | Bermain games secara online biasanya bikin kamu terlihat seperti anak yang suka rebahan saja. Namun, sebenarnya manfaat bermain game online itu banyak lho. Namun, memang tidak semua orang mengetahui ataupun menyadarinya.

The Australian Office of the eSafety Commissioner, mengatakan ada beberapa manfaat main game, seperti meningkatkan kemampuan berpikir, menyelesaikan masalah dan juga ketekunan. Jadi, bisa dibilang banyak kelebihan game online dibanding kekurangannya. Asalkan, kamu tidak bermain secara berlebihan.

Lalu, apa saja sih, manfaat game online secara detail? Berikut ini beberapa manfaat bermain game online yang perlu kamu ketahui.



1. Tempat Berlatih Memecahkan Masalah

Manfaat bermain game yang pertama adalah, kamu bisa melatih kemampuan problem solving. Kenapa? Tentunya, tingkat kesulitan setiap jenis permainan online berbeda.

Kadang-kadang, kamu harus mengerjakan task yang membutuhkan strategi. Dari sini, kamu bisa menganalisis kondisinya. Lalu, mencari cara agar masalah atau task itu bisa terselesaikan.

Bahkan, ada yang bilang permainan online ini bisa membuat orang berpikir lebih keras sehingga pemain jadi lebih pintar. Ada juga yang menerapkan strategi dalam games ke dalam pekerjaannya sehari-hari, lho.

 

2. Menambah Jaringan Sosial

Siapa bilang gamer adalah orang yang suka menyendiri atau antisosial. Justru sebaliknya, lho. Mereka punya lebih banyak teman dibanding yang sebagian orang bayangkan. Ini karena manfaat bermain game online salah satunya dapat memperluas jaringan sosial.

Pertemanan kamu tak sebatas Indonesia saja. Bahkan, kamu bisa punya teman di seluruh dunia. Diam-diam ini bisa melatih kemampuan sosialisasi kamu lewat dunia maya, lho. Kamu pun bisa belajar bahasa asing lewat cara ini. Keren bukan?

 

3. Meningkatkan Kinerja Otak

Tahukah kamu kalau setiap atlet olahraga itu memerlukan kemampuan otak yang baik? Ini karena seorang atlet harus memutuskan sesuatu dalam hitungan detik saja. Nah, karena beberapa game online dianggap sebagai olahraga elektronik, tentunya hal tersebut berlaku pula.link : idncash

Saat kamu diserang lawan dan timmu akan kalah, pastinya kamu tidak tinggal diam dan pasrah, kan. Kamu harus cari cara untuk mempertahankan atau menyerang. Arah serangan dan senjata yang dipakai harus ditentukan dalam beberapa detik saja. Kebiasaan ini dapat menstimulasi kerja otak untuk menjadi lebih baik. Itu sebabnya, meningkatkan kinerja otak menjadi manfaat bermain game online lainnya.

 

4. Meningkatkan Peluang Karier

Menjadi gamer bisa menjadi pilihan profesi yang menggiurkan saat ini, lho. Pertama-tama, kamu bisa jadi seleb YouTube Gamers. Bila kamu terkenal, pastinya mendapatkan keuntungan dari YouTube. Bahkan, kamu bisa mendapatkan tawaran kerja sama iklan atau endorsement.

Kamu juga bisa menjadi atlet esport kalau serius menekuni permainan online ini Asal tahu saja. Atlet esport paling mahal di Indonesia dibayar sekitar 5 miliaran Rupiah, lho. Jika kamu tekuni dengan baik, game online bisa jadi ladang cuan. Siapa tahu kamu jadi jutawan di kala muda.

 

5. Melatih Fokus

Manfaat bermain games online lainnya adalah melatih fokus. Sudah pasti kamu harus bisa berkonsentrasi saat memainkannya. Ingat, kamu tidak boleh lengah selama permainan berlangsung. Ini karena permainan online membutuhkan kesabaran, tindakan cepat, dan, yang paling penting, konsentrasi. Ini telah terbukti meningkatkan fokus dan konsentrasi pemain secara signifikan.

 

No comments:

Post a Comment

Manfaat Permainan Jenga Bagi Tumbuh Kembang Anak

jengagameslengkap | Permainan Jenga merupakan salah satu permainan yang sangat populer dan digemari oleh banyak orang, termasuk anak-anak. ...